02 February 2021

3 Cara Menyiasati Rok dan Gamis Kepanjangan

 Hello, Assalamu'alaykum Warahmatullohi Wabarakatuh. 

Pada postingan ini, aku ingin membagikan tips dalam menggunakan gamis agar tidak menyapu lantai atau tanah. Sebelumnya tulisan ini sudah pernah tayang di terminal mojok. Buat teman-teman bebas mau membaca dimana aja mau diterminal atau di blog ini, eheheh. 

Beberapa waktu lalu, Mbak Anisa Rahma mengumumkan melalui Instagram pribadinya tentang produk sepatu yang disebut sebagai sepatu syar’i. Banyak tanda tanya dan kemudian menjadi polemik di antara netizen di dunia digital. Kurang lebih seperti ini tulisan Mbak Anisa di Instagramnya:

Alhamdulillah… Terwujud keinginan bikin sepatu syar’i, bukan sepatunya dihijabin. Hhe.

Sepatu syar’i ini solusi buat para muslimah untuk menjaga gamisnya dari kotoran/najis saat jalan. Jadi keingat dulu, kalo pake gamis bawahannya selalu kotor karena roknya keinjek-injek dan nyapu jalan, alhasil bingung kalo mau dipake sholat….

Finally, sepatu syar’i @muwaaofficial didesain stylist dan kekinian, ditambah lagi bisa satu set dengan gamisnya, jadi matching dari mulai sepatu, gamis, khimar, dan maskernya!

Insya Allah bermanfaat untuk semua dan mendapat keberkahan… Aaamiiin

Muwa, bikin kamu lebih baik!

Sebenarnya di tulisan ini saya tidak akan memperdebatkan apa yang menjadi pertanyaan netizen tentang sepatunya Mbak Anisa Rahma, atau pujian dari beberapa netizen dan rekan sesama artis Mbak Annisa Rahma. Saya juga tidak bisa berbohong saat melihat sepatunya yang unyu-unyu dan memang kelihatan cocok saja dipadukan menggunakan apa pun.

Nah, sebagai seseorang yang memutuskan untuk menggunakan rok panjang dan gamis saat beraktivitas sehari-sehari, dan sebagai orang yang memiliki tinggi pas-pasan, masalah yang paling sering saya hadapi ketika membeli rok atau gamis adalah kepanjangan. Akhirnya, tak jarang rok dan gamis yang saya pakai menyapu lantai dan tanah jika sedang berada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Gara-gara hal seperti ini, pekerjaan saya mencuci jadi bertambah dua kali lipat lantaran harus menyikat bagian bawah dan pinggiran rok panjang serta gamis yang kotor. Oleh karena itu, saya ingin membagikan cara menyiasati agar rok dan gamis yang kita gunakan tidak kepanjangan.

#1 Usahakan untuk mengukur rok dan gamis sepanjang mata kaki

Salah satu cara agar rok atau gamis tidak kepanjangan, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli dengan ukuran yang sesuai dan pas. Usahakan untuk selalu mengukur rok atau gamis semata kaki agar tidak menyapu lantai atau tanah. Biasanya jika sudah sepanjang mata kaki, saat menggunakan sandal dan sepatu, maka rok atau gamis tidak akan kepanjangan atau menyapu lantai dan tanah lagi.

#2 Menggunakan ikat pinggang

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menyiasati rok dan gamis yang kepanjangan adalah dengan menggunakan ikat pinggang. Biasanya, rok digunakan di atas pinggang sedikit dan biar tidak melorot bisa disiasati dengan ikat pinggang. Nah, cara ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk gamis yang kepanjangan. Tentu dengan menggunakan ikat pinggang yang stylish, yang juga diikatkan di bagian pinggang. Secara tidak langsung, gamis akan terlihat seperti pakaian yang terpisah karena ada bagian yang tertarik sehingga tidak akan menyapu lantai lagi.

#3 Memotong bagian bawah rok dan gamis

Bisa dibilang ini adalah cara yang paling sering saya gunakan ketika membeli rok atau gamis yang kepanjangan pada saat belanja online atau offline. Karena dengan alasan apa pun, dengan tinggi badan yang saya miliki, jarang sekali saya mendapat ukuran yang pas. Ujung-ujungnya, saya akan pergi ke tukang jahit dan mengatakan ingin memotong rok dan gamis yang kepanjangan. Tidak terhitung sih berapa kali ini saya lakukan. Tetapi cara ini menurut saya memang paling ampuh agar rok dan gamis tidak menyapu lantai lagi. Jika pergi ke tukang jahit kita juga bisa request kok mau dipotong sampai mata kaki ataupun di atas mata kaki.

Itulah beberapa cara menyisiati agar rok dan gamis yang dibeli  tidak menyapu lantai dan tanah. Sebenarnya, saya masih punya cara lain, yakni dengan menggunakan sepatu seperti yang diproduksi oleh Mbak Anisa Rahma dan tim. Apalagi buat yang tidak tahan menggunakan sepatu high heels, sepertinya penggunaan sepatu wedges yang ditinggikan beberapa cm juga bisa menjadi pilihan. Tetapi, otoritas pemilihan dikembalikan lagi kepada para pemilik rok dan gamis yang ingin menyiasati rok dan gamisnya yang kepanjangan. Saya hanya membagikan pengalaman saya yang bertahun-tahun selalu membeli rok dan gamis kepanjangan. Btw, saya sudah berdamai dengan rok dan gamis kepanjangan kok saat membeli secara online dan offline. Hehehe…

No comments:

Post a Comment