19 April 2019

Ayo Berbagi: Tanpa Nanti Tanpa Ragu





(Tim Dompet Dhuafa Layani Masyarakat Terkena Luapan Danau Sentani

Sumber : Website Dompet Dhuafa)



Hai, Assalamu’alaykum. Selamat datang diblog saya, pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang “Jangan Takut Berbagi”. By the way, berbagi bukanlah konsep yang awam bagi kita. Sedari kecil kita pasti udah diajarin oleh keluarga untuk berbagi atau yang lebih sering disebut “sharing” pada saat ini.

Berbagi atau sharing adalah suatu keadaan dimana kita menggunakan sesuatu baik itu berupa barang maupun non barang secara bersama-sama. Contoh barang: ketika kecil kita sering menggunakan mainan secara bersama-sama dengan teman-teman. Contoh nonbarang: memberi semangat dengan kepada teman yang lagi sakit agar teman kembali ceria.

Konsep sederhana namun terkadang sangat jarang kita lakukan. Akhir-akhir ini aku lagi tersentuh dengan salah artis papan atas Indonesia yang juga seorang youtober. One part of his video. He said “Kalau mau berbagi ya berbagi aja langsung”. “Ikutin kata hati pertama, jangan kedua atau ketika”. Kurang lebih seperti ungkapnnya pada vlog Boy William.

My opinion, benar juga apa yang dikatakan artis tersebut. Kita udah niat banget nih pengen sedekah atau berbagi. Lalu tanpa kita sadari ada bisikan,” udah nanti aja, besok aja, dan jangan sekarang,”. Sampai akhirnya kita lupa, jika kita ingin berbagi. Dalam Islam konsep berbagi bisa kita sebut dengan sedakah, zakat dan infaq.

Teman-teman pasti tahu. Siapakah vlogger tersebut? beberapa kali vlognya menjadi trending di youtobe. Vlogger tersebut adalah Baim Wong. Untukku banyak pelajaran tentang berbagi yang bisa kita ambil dari vlog tersebut.

Terakhir, yang paling membuat saya terenyuh adalah berbagi rezeki kepada pemulung, melalui berbagi tersebut kita menjadi tahu betapa pentingnya pakaian bersih bagi pemulung tersebut untuk menunaikan ibadah sholat. Melalui tangisnya pada tayangan tersebut kita menjadi tahu betapa bahaginya ketika mendapatkan apa yang dibutuhkan selama ini. 

Hal ini juga berlaku bagi kita, ketika Allah mengabulkan do’a-do’a, harapan dan keinginan kita. Tentu saja kita bahagia. Ini adalah sedikit gambaran, betapa berbagi itu sangat penting. Bukan hanya bagi orang-orang yang ada divideo kak Baim. Saya yakin masih banyak orang-orang diluar sana yang membutuhkan uluran tangan kita.

Namun dalam hal berbagi setiap kita memiliki permasalahan yang berbeda, ada yang sudah memiliki niat namun karena ada bisikan gak jadi. Atau ada beberapa dari kita yang ingin berbagi kedaerah bencana. Keterbatasan waktu dan tempat membuat kita kesulitan untuk berbagi. Sekarang permasalahan kita, dalam berbagi terjawab dengan kehadiran dompet dhuafa. Teman-teman semuanya kita bisa berbagi melalui dompet dhuafa tanpa nanti, tanpa takut ada hambatan dan keraguan. Sekarang sudah saatnya kita tidak takut lagi berbagi melalui “Dompet Dhuafa”.

Teman-teman pembaca, pasti bertanya apa sih dompet dhuafa ?

Dompet dhuafa adalah Lembaga Filantropi Islam bersumber dari dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) dan dana halal lainnya yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik ( prophetic socio-technopreneurship) Dompet dhuafa akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem berkeadilan.

Bagaimana cara berbagi melalui dompet dhuafa ?

            Ada banyak hal menjadikan berbagi mudah, dikutip melalui website resminya berikut cara berbagi melalui Dompet Dhuafa :

1.      Kanal donasi online donasi.dompetdhuafa.org
2.      Transfer bank
3.      Counter
4.      Care visit (meninjau langsung lokasi program)
5.      Tanya jawab zakat
6.      Edukasi zakat
7.      Laporan donasi

Kenapa Harus Lewat Dompet Dhuafa ?

Ini pasti menjadi pertanyaan  bagi teman-teman semua, termasuk saya pribadi. Jika kita melihat sejarah. Allah telah memerintahkan umatnya untuk membuat suatu badan atau lembaga dalam mengelola zakat yang kita sebut Amil Zakat. Tempat yang mempertemukan pemberi zakat dan penerima zakat. Begitupun dengan Dompet Dhuafa yang membantu kita semua untuk bertemu orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita tanpa nanti tanpa batas.

Selain itu bantuan yang kita berikan kepada Dompet Dhuafa akan dibagi kedalam berbagai aspek kehidupan seperti yang dikutip dari website resmi Dompet Dhuafa :

Kesehatan

Dompet Dhuafa di dalam program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan sangat baik.

Pendidikan

Masa depan Indonesia yang lebih baik ada di tangan anak-anak. Dompet Dhuafa membantu mewujudkannya dengan memberikan program pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak Indonesia yang tidak mampu.

Ekonomi

Untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia, Dompet Dhuafa merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan, agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru.

Pengembangan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Untuk itulah Dompet Dhuafa ada, bersama dengan para relawan membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan tidak tahu arah.


“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa

#JanganTakutBerbagi
#SayaBerbagiSayaBahagia



2 comments:

  1. Semoga dompet dhuafa ini bisa mempermudah penyaluran infaq dan sedekah yaa

    ReplyDelete
  2. mudah-mudahan kita menjadi orang yang mudah untuk berbagi ya

    ReplyDelete