24 August 2017

6 cara mudah mencegah karang gigi ala Dental Universe Indonesia



(Sumber : IG dentaluniverse)



Gigi merupakan organ penting dalam kehidupan kita, apalagi  di era millenial sekarang ini dikit-dikit cekrek, ya kali kalo lagi foto di gigi ada plak. Pasti bakalan merusak momen gak enak banget kan? . Menurut aku secara pribadi. Entah itu hidup di zaman millenial atau enggak  menjaga kesehatan gigi itu penting!!!.

Karena kalau gigi kita rusak dan berlobang pastinya akan memberikan efek seperti tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna sehingga tidak bisa dicerna dengan baik pada usus. Tentunya akan menimbulkan berbagai macam penyakit nih kengkawan. Belum lagi masalah bau mulut aduwh!. Menambah beban saja ya hihi.

Selanjutnya di era sekarang ini, banyak banget kan kue-kue imut yang berjejer, mengunggah selera banget. Belum lagi berbagai jenis minuman  kopi, teh yang tampil kian praktis. Membuat kita lupa bahwa salah satu dari cemilan, minuman dan makanan favorit ternyata adalah penyebab plak pada gigi dan menambah deretan karang pada gigi yang telah bersusah payah kita rawat dan jaga.

Tahun lalu aku kedokter gigi dan ini true story. Selepas KKN (Kuliah Kerja Nyata) aku berkaca dengan baik-baik dan mata juga ikut berkaca-kaca. Why? aku memandangi gigiku yang menghijau. Bahkan bouk (bibi, adik lelaki papa) nanya,”Rahma, itu giginya atasnya kok kayak ompong ya?,”.“Bukan ompong bouk tapi, menghijau karena kenak air pas kkn dan karang gigi. Nanti bakalan bersih lagi kok setelah pulang dari dokter gigi,” menjawab dengan nada sedih.

Memang ketika KKN aku kecolongan lagi suka-suka nya minum teh, ngemil coklat-coklatan dan juga air di tempat KKN kurang bersahabat. Mau pake air galon buat gosok gigi rasanya kurang etis banget karena kita aja kekurangan minum untuk satu posko. Berhubung setelah KKN, aku bakalan mengikuti kegiatan job training maka aku pun harus segera membersihkan karang gigi yang memang merusak rasa percaya diri.

Alhamdulillah dokternya bilang gigi aku gak berlubang cuma terlihat seperti gigi seseorang yang minum kopi dan teh setiap pagi. Terus aku jelasin kenapa gigi aku bisa seperti sekarang. Dan dokternya bilang gigi aku kenak plak dan sampai hijau bisa juga karena airnya dan karang gigi. Alhamdulillah sekarang udah normal kembali. Rasanya aku dapat pelajaran banget, setelah kkn aku juga lagi usaha buat ngejaga gigi aku dan makin rajin menyikat giginya.

Karena uang saku masih dari ibuk dan papa, jadilah aku menabung dahulu untuk kedokter gigi. Ternyata pemeriksaan gigi ke dokter sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut. Minimal enam bulan sekali kengkawan. Sembari menabung aku browsing dan nemu website Dental Universe Indonesia yang sangat aktif berbagi informasi tentang kesehatan dan perawatan gigi. Jadilah aku stalker instagram dan media sosial Dental UniverseIndonesia.

Dental universeIndonesia adalah sebuah klinik gigi, yang memberikan pelayan kualitas  prima dengan harga terjangkau kepada para pelanggannya. Berdasarkan pengalaman aku, karena gigi terkena flak aku sempat enggan untuk tersenyum padahal senyum kan ibadah. Jadi buat kengkawan jangan sampai mengalami kejadian seperti yang aku alami ya. Karena pengalaman tersebut aku ingin berbagi nih kengkawan tips merawat gigi, yaitu 6 mencegah karang gigi  ala Dental Universe Indonesia yang di posting pada instagram (11/08):

1.  Sikat gigi secara teratur, dua kali sehari selama setidaknya 2 menit. Gunakan sikat dengan bulu lembutyang cukup kecil untuk bisa masuk ke dalam mulut kamu.

2.   Sebuah penelitian menemukan bahwa sikat gigi elektrik dapat menyingkirkan plak lebih baik dari sikat biasa lho, DUIon.

3.    Pilih pasta gigi yang dapat mengontrol karang gigi. Produk tersebut dapat membantu mencegah plak mengeras.

4.    Melakukan flossing atau membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.

5.   Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Bakteri di mulut berkembang karena makanan manis dan bertepung. Ketika bakteri bercampur makanan tersebut, bakteri akan melepaskan asam yang berbahaya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan membatasi jumlah makanan manis yang kamu santap setiap harinya.

6.  Jangan merokok. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih mungkin mengembangkan karang gigi.


Sampai disini dulu ya kengkawan tulisan pada hari ini semoga bermanfaat, semoga kita bisa menjaga dan merawat gigi sehingga senyum pada sahabat dan saudara pun bisa kita lakukan dengan ikhlas tanpa takut lagi bakalan ada plak pada gigi. Semoga tulisan ini bermanfaat mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan dalam tulisan ini. Wassalam^^

No comments:

Post a Comment