27 January 2018

Cerita Ketika Sidang









20 juli 2017 menjadi hari yang tak  terlupakan bagiku. Hari itu menjadi saksi bagaimana aku mempertahankan sebuah kata demi kata. Menjawab pertanyaan yang retorikanya bagus sekali dari penguji tetapi ketika dijawab waw menjebak!. 

Proses sidang disetiap kampus pasti berbeda. Jangankan kampus, fakultas di kampus yang sama saja pasti berbeda. Oke, untuk kita marilah kita untuk tidak saling menjudge. Selesai sidang aku langsung duduk dibangku yang telah tersedia. Noted setiap peserta sidang duduk dibangku paling depan. Dibelakangku duduklah Puput yang masih sempat bercanda. Lalu ayu dengan meraba-raba pakaian sidangku hari itu. 

Ayu     : Ma, ini kainnya agak beda ya dari blezer biasanya.
Ama    :(Sambil senyum-seyum) Iya bedalah yu
Ayu     :Kenapa ma
Ama    :Ini jas papa ama yu
Ayu     :Oaaalah sambil tertawa
Puput   :Ngapa gak minjam blezer dedek aja. Takut gak muat ya?
Ama    : Iyaa dek.

Hmmm sejak skripsi jangan tanya berat badan ini berapa? aku saja shock ketika menatap layar timbangan. Makin skripsian makin gendut. Aku memilih jas hitam papa bukan tanpa sebab. Pertama karena gak punya kedua karena hanya ini yang ada. Bukan itu hanya alasan klasik.

Saat menunggu jadwal sidang bertepatan dengan libur lebaran. Jadi aku itu sidang masih dalam suasana lebaran. Tidak ada mahasiwa dikampus hanya ada mahasiswa tingkat akhir dan yang memiliki kepentingan. 

Imel teman satu kampung duluan berangkat, biasanya pasti bareng. Terus aku kontak-kontakan "kabari ya kalau jadwalku keluar". Aku balek pas dua hari sebelum sidang ke Pekanbaru. Jadi dirumah udah packing  nanyain ibu ada blezer apa enggak.

Terus papa datang dan bilang ada jas hitam. "Yaudah pakai itu aja ma" kata papa. Aku memiliki filosofi selama ini aku hidup atas perjuangan seorang ayah yang menafkahi anaknya agar bisa hidup. Jadi selama sidang aku ingin menghadirkan perjuangan ayahku juga. Meskipun jasnya kebesaran dan menjadi tranding topik dikalangan beberapa teman. Lucu gak sih ceritanya? gak lucu ya menurut kalian hihi.

Yaudah deh, kalo gak lucu sampai disini dulu cerita aku pada kesempatan kali ini. Teman-teman punya cerita apa dibalik sidang ? memakai jas yang kebesaran juga?.
Wassalam.

NB: *Tulisan ini diikutsertakan dalam komunitas OneDayOnePost
#ODOPBATCH5

No comments:

Post a Comment