Laman

04 Januari 2018

6 Cara Mudah Mencari Judul Untuk Anak Ilmu Komunikasi (Public Relations)

Skripsi selalu menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan setiap waktu. Dulu waktu zaman kuliah paling sering ditanyain. ”Sudah sampai mana?”. “Bab berapa?”. Dan jawaban paling klasiknya adalah lagi nyusun. Lalu tiba-tiba ada yang nyeletuk, “Emang pakaian dilemari pakai disusun segala?”.

Oke seperti kata pepatah banyak jalan menuju Roma. Begitupun dalam mengerjakan skripsi banyak cara untuk menyelesaikan skripsi yang penting ada niat untuk mengerjakan. Karena skripsi tidak bisa langsung jadi, ada beberapa tahapan dan proses yang harus dinikmati dalam mengerjakannya. Hal pertama dan yang paling mendasar adalah menetukan topik, tema dan judul yang akan diteliti dan ditulis.

Jika misalnya dalam mengerjakan skripsi judul  kita ditolak oleh dosen PA, Kajur dan Dekan tetap tenang, perbanyak usaha dan do’a. Seperti teman aku Uti lima kali judulnya ditolak dan akhirnya diacc juga, tidak ada jalan yang buntu. Jadi pertanyaan, adalah gimana sih cara buat nemuin judul? berikut cara atau buat nemuin judul berdasarkan  pengalaman yang aku dapatkan dan cerita dari teman-teman aku semasa skripsisweet. Tetap baca sampai akhir tulisan ya guys, berikut caranya:

Memahami materi kuliah dengan baik
Teori memang bukan segalanya. Tetapi bagaimana mungkin kita mengerjakan sesuatu jika tidak memahaminya. Misalnya judul yang mau diambil tentang aktivitas humas atau apapun yang berkaitan dengan keilmuan yang kita pelajari. Pastilah dasarnya dengan memahami teori atau materi kuliah dengan baik.Teori bisa didapatkan dari mana saja, tidak hanya didalam kelas tetapi juga organisasi yang diikuti ketika duduk dibangku kuliah.

Sering Keperpustakaan untuk membaca kajian terdahulu seperti Skripsi dan Jurnal Penelitian


Kenapa mesti sering keperpustakaan? karena sebagian mahasiswa ada yang jarang sekali keperpustakaan alhasil gak tau dimana letak skripsi diperpustakaan kampusnya sendiri dan aku menemukan fenomena ini. Padahal memahami kajian terdahulu itu sangat penting. Kita bisa membuat judul dengan mengganti judul kakak tingkat dengan catatan tempat kajian penelitian dan permasalahan yang berbeda.

Sebagai contoh berikut ini : Sumber Perpustakaan UIN Suska Riau 
Strategi Komunikasi Bimbingan Masyarakat (BINMAS) polresta dalam mensosialisasikan program keamanan dan ketertiban masyarakat  (Kamtibnas) di Kota PekanBaru, ditulis oleh M Ardiyansyah NST.
kemudian pada tempat berbeda dengan pembahasan berbeda berikut ini:
Strategi Komunikasi Pemasaran PT Agung Toyota cabang Teluk Kuantan dalam mempromosikan produk toyota kepada masyarakat Teluk Kuantan, ditulis oleh  Wike Widia Wati.
  

Pergunakan Internet

                                                                      Sumber: Pixabay

Internet sebagai mesin untuk mencari tahu segala sesuatunya wajib kita pergunakan. Melalui internet kita mengetahui penelitian dan jurnal dari kampus lainnya untuk memperbanyak referensi dalam menemukan judul. Beberapa teman kelasku juga menemukan judul dari internet dan mereka mengganti lokasi penelitian. Selagi tidak kopy paste dan itu sah-sah saja.

Sebagai contoh : Sumber http://eprints.ums.ac.id
Pengaruh Persepsi mahasiswa tentang Public Relations sebagai profesi perempuan terhadap minat mahasiswa memilih konsentrasi Public Relations ( Studi Ekplanatif Pada Angkatan 2013 dan 2014 Program Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informasi UMS)
Setlah melakukan pra riset keberbagai kampus jurusan komunikasi temanku membuat judul kurang lebih Pengaruh Persepsi mahasiswa tentang Public Relations sebagai profesi terhadap minat mahasisa dalam memilih konsentrasi PR di fakultas komunikasi tempat kami menimba ilmu pendidikan S1 komunikasi.

Peka Terhadap Lingkungan

Sumber: Pixabay

Beberapa mahasiswa sebelum mengerjakan skripsi. Menghabiskan waktu untuk yang namanya job training. Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan peka terhadap isu-isu dan permasalahan yang ada sehingga bisa dijadikan judul. Seperti Ayu, melaksanakan job training didinas tenaga kerja lalu membuat judul tentang penyelesaian hubungan indudtrial perusahaan dan karyawan melalui pendekatan komunikasi. Atau Laila, melakukan penelitian tentang program tex amnesty oleh pemerintah. Dan Uti juga melakukan penelitian tentang peristiwa yang terjadi dikotanya  yakni peritiwa Meranti Berdarah.  

Diskusi dengan teman, senior dan dosen

Sumber: Pixabay

Diskusi itu memang selalu juara untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Diskusilah dengan teman yang bisa dipercaya, dengan senior yang rasanya bisa membantu dan dosen yang akan memberikan pencerahan. Karena biasanya dalam menentukan topik sebuah skripsi selalu ada saja yang mengganjal. Untuk itu diskusi dengan dosen juga sangat diperlukan. Dulu, aku sebelum mengajukan mencoba diskusi dengan dosen yang peduli dengan mahasiswa akhir, lalu bertanya apakah topik yang aku miliki bisa dijadikan judul atau tidak,kemudian dosenku memberikan topik gimana aku meneliti tentang ISO yang digunakan berbagai lembaga sebagai lambang bahwa pelayanan yang diberikan telah bermutu dan ketika proses skripsisweet juga diskusi dengan kakak tingkat, teman dan beberapa dosen.

Membuat Latar Belakang Yang Kuat

                                                                       Sumber: Google

Dalam mengerjakan skripsi nantinya bakalan sering mendengar, “yang penting latar belakangnya kuat kan?”. Maksudnya yang kita teliti itu benar-benar ada. Karena dulu dosen aku juga pada bilang judul bisa berubah kapanpun tetapi tidak dengan latar belakang dan inti permasalahan.

Nah, sampai disini dulu teman-teman tulisan aku tentang cara membuat judul skripsi. Mungkin teman-teman juga punya cara lain yang lebih bagus dan lebih  lengkap? bisa sharing dikolom komentarya. Semoga bermanfaat.  

Wassalam.

Rahma Liasa Zaini
Posting Komentar