01 January 2018

Wisata Alam: Hot Spring (Air Panas) Rimbo Panti

Hi!Assalamu’alaykum.



                                                       (Aliran Sumber Air Panas Utama)

Jika kita membaca sejarah, dikutip dari wikepedia sumber air panas berasal dari keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Ini adalah satu-satunya tempat wisata didekat rumahku. Dan aku sangat jarang mengunjunginya. Padahal aku sangat sering melintasi objek wisata Rimbo Panti yang  berada  dijalan lalu lintas. Beberapa hari yang lalu aku dan adik bungsuku berkunjung kerumah nenek.

Baca Juga : Rimbo Panti



                                              (Jembatan keTiga Menuju Sumber Air Panas)


Ketika perjalanan  pulang aku dan fauzi berhenti diobjek wisata air panas yang  telah dikelola menjadi taman disekitar telaga. Aku berhenti, karena rasa penasaran. Dinamakan rimbo panti karena obek wisata air panas ini terletak dihutan  dalam bahasa minangkabau disebut dengan “Rimbo” sedangkan “Panti” adalah nama desa tempat air panas ini berada. Ketika membaca berbagai artikel lewat beberapa tulisan blogger dan peneliti sternyata lokasi air panas Rimbo Panti ini juga terkenal dengan sebutan “Permata Hijau”. Untuk tiket masuk menuju telaga yang telah dikelola berbentuk taman sebesar: Rp.2500,-  bagi orang dewasa dan Rp. 1.500,- bagi anak-anak.

Salah satu Sumber Air Panas)


Ketika masuk ketaman kami langsung menuju sumber air panas utama yang telah dipagari. Untuk pengunjung  yang  membawa anak-anak  harap menjaganya dengan baik. Karena ketika aku mencoba menyentuh  airnya di beberapa sumber air panas yang hanya berupa aliran kecil saja sudah cukup panas, belum lagi disumber utamanya seperti air mendidih.

                                                    (Beberapa Pengunjung Sedang Duduk) 



Hiburan yang bisa kita dapatkan  adalah suasana yang sangat sejuk. Cocok dijadikan tempat bersantai dengan keluarga. Selain itu sebagai sarana edukasi untuk mengenalkan fenomena alam, tumbuhan dan hewan kepada anak-anak. Karena terdapat kera berkeliaran tetapi tidak menganggu. Selain itu banyak pengunjung yang merebus telur pada objek wisata ini yang tentunya akan menjadi hiburan tersendiri.
(Alirannya Di Bawah Jembatan ini, Tempat Aku  Menyentuh Airnya Yang Rasanya Seperti Air Hangat Kuku)


Nah, buat teman-teman yang sedang dalam perjalanan darat menuju Sumatra Utara (Medan) via Bukitinggi- Medan  aku  rekomendasi banget  untuk menjadikan objek wisata ini sebagai tempat rest area. Disisi lain juga ada kolam berenang untuk pemandian dan museum herbarium untuk menambah wawasan. Dipenghujung waktu saat ingin pulang aku dan adikku membeli pop mie. Setelah selesai makan kita  membuang sampah pada tempatnya. Karena menjaga kebersihan tempat wisata menurutku merupakan sesuatu yang sangat penting. Semoga Objek wisata ini tetap rimbun pohonnya dan tumbuh dengan baik, agar kelak anak cucu kita juga bisa menikmati. O,iya berendam diair panas yang mengandung balerang ini dipercaya memiliki kasiat untuk mengobati penyakit kulit.

                                       (Foto Bersama Adik Bungsu Setelah Menyantap Pop Mie)


Finally, sampai disini  dulu teman-teman untuk tulisan  pada kesempatan kali ini,  untuk tulisan selanjutnya aku berharap  bisa mereview kolam renang air panas dan museum herbariumnya. Sekian dan  semoga bermanfaat. Wassalam.

Rahma Liasa Zaini
12/31/2017


No comments:

Post a Comment