Laman

21 Desember 2017

Membentang Kebaikan Bersama Dhompet Dhuafa


(Sumber: IG Dompet Dhuafa)

Assalamu’alaykum.
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan lindungan Allah SWT aamiin ya rabball alamin.
Siapa yang menginginkan terjadinya suatu musibah menimpa dirinya, keluarganya bahkan saudaranya. Sepanjang tahun ini telah banyak terjadi musibah yang memilukan hati kita sebagai manusia yang memiliki perasaan. Mengapa hati kita harus pilu? karena kebanyakan korban adalah anak-anak, perempuan dan orang tua lanjut usia. Entah harus mulai dari mana untuk mendeskripsikannya.

Konflik Rohingya
Masih melekat diingatan kita, bagaimana masyarakat Rohingya menyelamatkan diri. Mereka menjadi manusia terapung dengan perahunya. Secara garis besar konflik kemanusiaan  terjadi di Rohingya telah memakan banyak  korban jiwa. Konflik ini adalah pembersihan etnis muslim secara sistematis yang berdalih isu terorisme oleh militer Myanmar.

Dikutip dari Republika online survei terbaru yang dilakukan oleh Mdeans Sans Frontires (MSF) setidaknya ada 9000 orang meninggal di Rakhine, Myanmar 71,7% akibat kekerasan. 6.700 orang Rohingya meninggal di bunuh, 730 anak dibawah lima tahun. 69 % kematian terkait kekerasan disebabkan oleh tembakan senjata, sembilan persen kematian karena dibakar sampai mati di rumah mereka, dan lima persen kematian karena dipukul hingga tewas. 59 % dilaporkan tertembak, 15 % terbakar sampai mati, tujuh persen dipukul sampai mati, dan dua persen terbunuh oleh ledakan ranjau darat. Kaum Rohingya menjadi kaum terusir dari negerinya sendiri.

Pernyataan Donal Trump “Jerussalem Ibukota Israel“
Pertama kali mengenal kota Jerussalem kota suci tiga agama, ketika duduk dibangku kelas dua SMA. Aku menemukan buku tersebut dirak perpustakaan sekolahku. Literatur yang tebal itu menceritakan bagaimana kehidupan tiga agama di kota tersebut. Meskipun tidak membacanya sampai habis setidaknya aku membaca bagaimana sejarah kota Jerussalem. Kita mengetahui perseteruan antara Israel dan Palestina bukanlah hal yang baru. Perang telah terjadi selama lima dekade. Beberapa waktu yang lalu Donal Trump presiden Amerika Serikat menyatakan secara sepihak bahwa Jerussalem adalah ibu kota Israel. Jerussalem merupakan kota suci tiga agama, pernyataan sepihak Donal Trump telah membuat konflik antara masyarakat Palestina dengan militer Israel. Indonesia sebagai negara mayoritas islam terbanyak telah melaksanakan gerakan 171217 untuk membela Palestina. Aksi serupa juga terjadi berbagai negara.

Meletusnya Gunung Agung di Bali, Gempa di pulau Jawa 
Pada tanggal 21/11/2017 terjadi letusan Gunung Agung. Puluhan ribu warga mengungsi. Berada ditempat pengungsian tentunya tidak akan senyaman  ketika tinggal dirumah. Bagi Lansia, anak-anak tentu sangat tidak nyaman berada dipengungsian. Lalu beberapa hari yang lalu tepatnya, 15/12 telah terjadi gema bumi di pulau Jawa dengan kekuatan 4,5 Magnitundo. Berpusat di Sukabumi Jawa Barat guncangan cukup berat dirasakan di Tasikmalaya yang menyebabkan beberapa rumah mengalami kerusakan. Akibat bencana alam ini tentu banyak saudara kita yang kehilangan mata pencaharian dan rumah-rumah mengalami kerusakan.

Ada Apa Dengan Dompet Dhuafa ?
DompetDhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat bangsa Indonesia yang berkhidmad mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana “Ziswaf” (Zakat, Infak, Shadaqoh, Wakaf serta sahabat humenesia, dana lainnya secara kelompok, Perusahaan/lembaga).Selain itu dompet dhuafa juga akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu padasumber daya lokal melalui sistem berkeadilan.

Berdasarkan Undang-undang RI No 38 thn 1999 Tentang pengelolaan Zakat Dompet Dhuafa dibentuk oleh masyarakat tanggal 8 oktober 2001, mentri agama Surat Keputusan Nomor 439 thn 2001 Tentang Pengelolaan Dompet Dhuafa Republika sebagai Lembaga Amin Zakat Indonesia.

Sesama  manusia kita memang telah dianjurkan oleh sang pencipta untuk saling berbagi dan tolong menolong dalam hal kebaikan. Jika kita tidak bisa menjadi relawan dan terpisah jarak dengan saudara-saudara kita yang terkena musibah. 


(Sumber: IG Dompet Dhuafa)

Di zaman era digital seperti sekarang ini  tidak ada lagi  alasan kita untuk  tidak membantu saudara-saudara kita. Karena melalui Dompet Dhuafa kita dapat menyalurkan donasi terbaik dalam bentuk ziswaf dan lainnya. Untuk bantuan kemanusian beberapa program telah dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa seperti program Indonesia Aid for Rohingya,  Distribusi bantuan untuk Rohingya, school for refugees, Sekolah ceria, Southeast Asia Humanitarian for Rohingya. 

(Sumber: IG Dompet Dhuafa) 

Untuk menangani Palestina salah satu program yang didirikan oleh Dompet Dhuafa adalah Palestina Food bank yang telah berdiri sejak tahun 2013. Program food bank menyediakan logistik makanan kebutuhan masyarakat Palestina berbasis produksi. Dan berbagai permasalahan sosial dan bencana alam di Indonesia Dompet Dhuafa berusaha meespon dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat akibat bencana alam dan permasalahan sosial lainnya. Untuk itu mari bersama-sama menjadi pahlawan dan hero zaman now. 


                           ( Kegiatan Dompet Dhuafa didaerah bencana Sumber: IG Dompet Dhuafa) 

Berikut cuplikan video yang menggambarkan betapa mudahnya berdonasi melalui dompet dhuafa:


(Sumber : Youtobe Dompet Dhufa)

Akhir kata sampai disini dulu tulisan pada kesempatan kali ini. Karena yang menulis adalah seorang yang masih fakir ilmu tentunya masih banyak kekurangan. Mohon maaf atas segala kekurangan.
Wassalam. Semoga bermanfaat. 



#BulanKemanusiaan #HeroJamanNow #MembentangKebaikan


Posting Komentar