27 December 2016

Manusia Latah ?





(Source : Google )

Aku tak tahu apakah aku termasuk kedalam manusia sejenis ini.Aku juga tidak tahu terkadang aku sedang terbawa arus.Aku juga terkadang tidak mengetahui bahwa yang kujalani sekarang benar-benar pilihan hatiku.Jika memang aku memilih sesuatu karena banyak yang memilih,jika aku memilih sesuatu karena banyak yang senang.Tentu saja aku temasuk ke dalam manusia latah? jangan sampai, semoga aku tidak termasuk kedalam manusia latah.

Fenomena om telolet om saat ini lagi booming dimana-mana bahas om telolet om.Aku  awalnya menemukan di instagram dan mencoba googling.Apakah om telolet om ini adalah kata-kata yang tak ku mengerti.Hingga akhirnya kata-kata om telolet merambah ke dunia percakapan di grup wa antara mahasiswa dan dosen.

“Sang dosen pun bertanya,om telolet itu apa?.

Teman-teman seperjuangan ku di kelas pun menjelaskan mengenai fenomena om telolet om.Jumat lalu aku ada kelas dengan mbak Yolan.Aku yang sedang mengobrol dengan mbak Yolan tanpa sengaja mengucapkan om telolet om.”Apa sih om telolet om ?”. Aku pun menjawab “seperti yang diucapkan teman-teman dikelas mbak”.

Aku lupa entah apa pemancingnya hingga akhirnya kami bercerita tentang Aleppo.Mbak Yolan dosen kalem dan sepengetahuanku selalu bersemangat mengajar di kelas kami.Bayangkan saja dari semester empat sampai semester tujuh.Sebagian istilah tentang kehumasan tentu saja kudapatkan dari mbak Yolan tanpa mengingkari ilmu dari dosen lainnya.Apapun aku akan selalu mengucapkan terimakasih kepada dosen yang telah memberikan ilmu semoga menjadi bekalku  dimasa depan.Dan amalan bagi dosen-dosen ku.

Oh,iya kebiasan nih si rahma  bahasnya sampai keman-mana.Tadi bahas manusia latah ya.Oke kita lanjutkan.Mbak Yolan pun melanjutkan ucapannya.”Itulah media kita ini, media sekulerisme lebih banyak memposting hal-hal bersifat om telolet om tiba giliran hal-hal yang berbau kemanusiaan kita seperti menutup mata.Seperti halnya kesedihan oleh  Aleppo.Mbak tersentuh ketika melihat video seorang anak lelaki yang diselamatkan oleh ibunya ketika ledakan bom di rumahnya.Sayang ibunya tidak selamat.Yang tinggal hanya ia dan ayahnya.Dan ketika di rumah sakit ia sangat menakuti orang lain dan media bahkan tempat ternyamannya hanya di bawah ketiak ayahnya.Mbak gak kebayang kalo hal itu terjadi sama anak mbak.Kejadian om telolet om yang menjadi fenomenal saat ini bukan lah hal yang baru.Zaman mbak kuliah ketika twitter lagi booming.Smash dan Cerrybelle lagi naik daun.Bisma yang lagi ulang tahun bisa menjadi tranding topik dunia,karena apa ? karena Indonesia merupakan pengguna internet tertinggi di Indonesia dan yang menggunakan banyak anak alay.Padahal itu bukan lah hal yang penting.Lain lagi ketika kasus Luna Maya dan Ariel.Juga banyak #Arielpeterpon di twitter,hingga artis Pariz Hilton mengeluarkan cuitan “Who is Ariel Peterpon from Indonesia?”.Tutup mbak Yolan

Akupun langsung termenung.Apakah aku termasuk manusia latah itu ?.Tapi ada benarnya juga sih di bilang mbak Yolan kalo isu-isu gak penting aja cepat kali menyebar sedangkan isu kemanusian sulit sekali naik daun di dunia maya.Sekali lagi semoga saja jika aku pernah menjadi manusia latah,aku ingin bertobat.Aku ingin melakukan hal-hal berdasarkan keikhlasan,panggilan hati.

Pernah juga ketika melakukan blogwalking.Aku menemukan artikel mengenai manusia latah.Ketika orang lain sibuk nge blog maka ikut-ikutan nge blog karena cuma pengen ini itu.Sekali lagi aku gak pengen menjadi manusia latah.Termasuk pilihanku membuat blog semoga bukan latah,bukan sekedar ikut-ikutan karena latah.Semoga aku membuat blog untuk menjadi latihan menulis dan berbagi hal-hal positif  yang kujalani di dunia ini.Seperti menulis apa yang kudapatkan ketika pengajian,menulis apa saja tentang yang kudapatkan sebagai mahasiswa ilmu komunikasi,menulis buku-buku yang ku baca,menulis film  yang menginspirasi.

Semoga aku,kamu bukanlah manusia latah.Bekerja,melakukan hal-hal bukan karena trend,karena di gemari banyak orang,karena kawan kita memilih itu.Walaupun sebenarnya aku juga pernah menjadi manusia latah.Aku harus bertobat mulai sekarang.Gak boleh karena merugikan diri sendiri menurutku.Semoga kita menjalani kehidupan karena pilihan diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap apa yang telah kita pilih.Semoga mulai dari sekarang aku,kamu bukan lah manusia latah lagi tetapi manusia yang menjalani kehidupan atas pilihan sendiri.

Akhir kata amalan yang paling dicintai Allah adalah membuat muslim lainnya bahagia.Yup,semoga kamu bahagia membaca tulisan ini.Maaf jika ada kesalahan kata-kata karena yang menulis adalah seseorang yang fakir ilmu.Harap dimaklumi,jika ada salah,tegur saja karena aku lebih senang ada yang mengoreksi untuk kebaikan.

Salam,
Rahma Liasa Zaini
26/12/2016



No comments:

Post a Comment