06 November 2016

Madinah


Madinah Almunawaroh atau  kota bercahaya
(sumber : google)

Tadi malam aku beberes tumpukan buku yang udah berdebu,kebiasaan kalo disuruh beberes buku lama banget karena halaman bukunya kadang kiding dibaca dulu agak setengah jam baru disusun lagi.Sampai perut terasa lapar,berenti makan dulu dan lanjut lagi deh beberes buku yang udah berdebu.

Liat buku yang gak disampul dan udah kucel berasa sedih aja.Aku nemuin buku diary zaman semester satu dan isinya tentang???move on r-a-h-m-a.Namanya juga buku diary secred lah pokoknya isinya ehehehhehehehhehehe.

Selain nemuin buku diary juga nemuin buku catatan kuliah yang menurut aku pentig banget untuk di share.Bukan apa-apa kok karena aku sebenarnya seseorang yang fakir ilmu dan pelupa.Semoga dengan nyalin kembali membuka ingatan tentang sejarah islam.

Dicatatan yang berjudul ringkasan kelompok ini aku kepengen nyalin materinya lagi tentang “Konsep Kepemimpinan Nabi Muhammad di Madinanah”.Kenapa nyalin ? karena aku mindahin dari buku catatan ke  microsoft word.

Oke kita mulai ya.Rasul hijrah 621 masehi.Penyebabnya rasul pindah yakni karena orang mekkah banyak yang berkhianat serta kekacauan juga terjadi di makkah.Penyebab lain rasul pindah adalah karena orang Yastrib ingin membuktikan kenabian dan kerasulan nabi Muhammad.Jika memang benar mereka akan meyakini,beriman dan bersumpah akan mematuhi ajaran nabi.Yakni menerima nabi Muhammad dan meninggalkan sleuruh perintah nabi Muhammad.

Lalu pada tahun 622 masehi  kelompok kedua datang dan mengajak nabi Muhammad ke Madinah,serta setia kepada nabi yang dikenal dengan istilah “Baitul Aqamah Battani” ( membela nabi).Terdapat dalam surat Al-anfal (30).

Di Madinah,ketika Rasululloh datang sedang tidak ada pemimpin semuanya ingin berkuasa.Kehidupan di Madinah termasuk kedalam spritual kontemporer.Raululloh juga membuat peraturan yang dikenal dengan piagam Madinah yang isinya bagi muslim membayar zakat bagi non muslim pajak (Gizayah).

Maka terbentuklah negara islam yang dipimpin oleh Rasululloh.Adapun sistem pemerintahan Rasululloh dalam memimpin Madinah adalah “Theokrasi” yang artinya ketika ada masalah muncul ayat,atau  turun  ayat untuk menjawab permasalahan yang ada.

Adapun yang dizakatkan ketika zaman nabi adalah gandum dan kurma.Namun di Indonesia hasil pertanian adalah padi yang jadi beras kalo dimasak jadi nasi dan lain-lain.Maka ukurannya harus disesuaikan.

Sekian dulu deh,maafkan ya jika salinan nya gak lengkap harap dimaklumi karena yang nulis juga seseorang yang fakir ilmu.Btw,makasih yah buat yang udah mampir semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment