Laman

24 September 2016

Yuk mengingat kembali pelajaran semester 123456


Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.Hai teman-teman semua nya selepas KKN tentunya bakalan banyak babak baru yang akan dilewati dan diperjuangkan.Tetapi yang paling diinginkan adalah mengakhiri hari-hari dikampus.Dan keluar sebagai Sarjana S.ikom (aaaaamiiiin ya rabball alamin).

Minggu ini minggu kedua pertemuan kuliah dikampus nih,tadi udah belajar juga sama mbak Yolan dosen yang ngajar PRD selama empat semester hihihihihihihi.Mudah-mudahan ilmu nya mbak ngalir ya sama kami.(aaaamiiiin ya rabball alamin).Semester ini Cuma ada 9 sks dan dosennya alhamdulillah juga yang baik-baik kok ada buk atjie,buk rani,pak artis dan mbak Yolan.

Berhubung udah semester tujuh ,tentunya udah banyak teori yang dikuasai (annggapan dosen) aslinya masih banyak kekurangan kok.”Gimana udah pada nulis skripsi ? “ pertanyaan mbak Yolan yang buat galau.Gimana mau nulis mbak kalo dosen pembimbingnya belum keluar ahahahah.

Enaknya sama mbak Yolan selalu ada pratikum semester ini mbak Yolan ngajar “Perencanaan dan Program PR “ kita juga bakalan pratikum kok yang nantinya bakalan persentasi di depan semua kelas Public Relation’s (ekspresi ternganga dengerin ucapan mbak Yolan ) doaain lancar ya ;))))))))))))).

Untuk mahasiswa/I PR ada empat tahapan manajemen yang gak boleh dilupain karena untuk melakukan aktivitas PR seperti : CSR,Media Relatios,Special Event,launching product,Kampanye PR dan lain-lain membutuhkan empat tahapan ini apa ya ? ini dia……………

1.      Fact Finding (Identifikasi Masalah)
2.      Planning and Programing
3.      Taking Action and Communicating
4.      Evaluating

Jangan lupa lagi ya ,malu udah gaek dikampus tapi masih lupa sama yang beginian ahahahah.Terus yang perlu diingat adalah perbedaan PR dan Humas yang sangat berbeda.Ketika buk Rani menyinggung perbedaan PR dan Humas jadi ingat pelajaran pertama kali yang ditaja oleh buk Intan “ Pengantar PR “ .Jadi antara PR dan Humas memiliki perbedaan yaitu :

Kita tinjau dari segi PR dulu nih ya :

1.PR merupakan bagian kelompok masyarakat yang memiliki minat,perhatian dan kepentingan yang sama terhadap objek,institusi,lembaga dan organisasi
2.Tugas PR untuk menyusun Program kerja disertai strategi dan anggaran yang besar untuk mendukung kerja perusahaan
3. Tujuan PR mendapatkan perhatian public,untuk meredam permasalahan pada public.

Sedangkan Humas :

1. Lebih fokus dengan kepentingan,minat,perhatian langsung dan tidak langsung dengan aktivitas suatu organisasi
2.Humas lebih domain di instansi pemerintah
3.Humas dinilai tidak memiliki target audience spesifik
4.Humas dipandang pasif ketika menghadapi opini dan sikap public
5.Humas memberikan respon setelah terjadi konflik,pemogokan,demonstrasi bahkan setelah timbul kerusuhan

Sekian dulu ya teman-teman semua,semoga apa yang ditulis memberikan manfaat.Big hug untuk semuanya mohon maaf atas semua kesalahan dan kekurangan karena kesempurnaan hanya milik Allah.


Sumber : Rangkuman mata kuliah Etika Profesi PR dan Perencanaan dan Program PR



Posting Komentar