Laman

28 Mei 2016

Opini Publik dan Citra



Hai Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh teman-teman semuanya.Selamat berakhir pekan ya,semoga bisa refresh agar lebih seger dan semangat menghadapi senin.Karena hari minggunya dipakai buat nyetrika dan beres-beres kos hihiihihihihihi.Maklum anak kostan.


Kalo boleh tau kegiatan teman-teman selama sepekan ini apa sih ? kalo aku lebih disibukkan dengan aktivitas tak menentu.Kurang baget manajemen waktu,banyak waktu yang kebuang sia-sia.Lebih sering buka instgram dari pada baca buku.Jika biasanya dalam seminggu bisa nyelesan beberapa novel sekarang malah enggak sama sekali.

Dikelas juga seperti itu,entah effect karena semester atas kali ya.Gak semangat semangat aja kalo disuruh dosen buat tugas.Jangan diulang ya ma,jangan pokoknya! percuma dong belajar manajemen PR kalo manajemen diri sendiri aja gak mampu.

Hari kamis kemaren kelas kami sempat membuat kecewa mbak Yolan.Maaf ya mbak,tapi syukur deh marahnya mbak Yolan cuma sebentar.Hari ini mood mbak Yolan udah baik kembali.Kenapa aku menyukai pola belajar mbak Yolan ?  karena mbak Yolan mengajarkan kalo  beragumentasi harus punya landasan yang jelas  dan gak asal ngomong.Dan setiap mbak Yolan ngajar rasanya enak aja gitu.Sehat terus ya mbak dan proses melahirkannya berjalan dengan lancar.Tadi ketika belajar Event Organizer sempat sedih juga dosen terkece pak Nurul mengalami sakit pada dada sebelah kiri syafakillah pokoknya pak.

Ngomong-ngomong masalah Manajemen PR sesuai ketentuan mbak setelah UTS yang maju memberikan materi adalah melalui persentasi kelompok.Nah,jika hari kamis kemaren belajar tentang Manajemen dalam komunikasi organisasi yang berakhir dengan jaringan komunikasi setiap organisasi berbeda-beda.Seperti jika di Militer pola komunikasi lebih bersikap otoriter dimana jika komandan bilang siap anggota harus siap.Berbeda dengan berbagai perusahaan yang harus menampung seluruh aspirasi setiap anggota organisasi agar semua berjalan lancar.

Hari ini belajar tentang “Opini Publik dan Citra” sebenarnya hal ini bukan lah asing bagi anak PR karena inti setiap pelajaran PR adalah tentang Citra dan Reputasi.Opini Publik atau yang disebut dengan pendapat umun tentang suatu corporate dan perusahaan yang bisa berubah sawaktu-waktu selain itu opini publik juga bisa positif dan negatif.

Saat diskusi ada beberapa teman yang berpartisipasi.Namun yang seru itu ketika pertanyaan Jeje yang berhasil membuat anak lokal pada bingung.Dari pertanyaan awal sebenarnya pengen nambah,karena Dani berhubung sudah menerima jawaban pemakalah pertanyaan Dani dianggap selesai.

Pertanyaan Jeje dalam mengubah opini publik ada koersive (memaksa) dan persuasive (membujuk) berikan contoh dan manakah yang lebih bagus diantara keduanya untuk mempengaruhi opini publik?.Pemakalah telah menjawab berhubung kawan-kawan yang lain juga menambahkan jawaban jadi sedikit melenceng.Akhirnya aku tunjuk tangan untuk menambahkan jawaban dan menarik kesimpulan.

Berbicara tentang opini publik yang berubah-ubah PR selalu dituntut bekerja berdasarkan fact finding,planning,taking action and communicating,evaluation.Kenyataannya sering sekali PR perusahaan dalam masalah opini publik mengiring opini melalui the power of mass media.Sehingga melakukan media monitoring padahal belum tentu apa yang menjadi opini media menjadi opini publik.oleh karena itulah penelitian sangat diperlukan dalam hal kerja PR yang dapat diketahui ketika evaluasi.Melalui evaluasi kita bisa menilai apakah kinerja PR berhasil atau tidak.Jika tidak berhasil kita akan kembali mengulang proses fact finding,planning,taking actin and communicating,evaluation.

Proses pengulangan siklus ini lah sebenarnya hakekat dari manajement PR.Setelah itu langkah yang dilakukan adalah melakukan komunikasi kepada publik dengan cara asimetris dua arah menampung keinginan publik tanpa mengabaikan tujuan organisasi.Untuk zaman era keterbukaan informasi dimana publik yang semula pasif telah berubah menjadi aktif dan dinamis langkah persuasive tentu lebih cocok dengan cara melakukan pendekatan secara psikologis.

Jadi intinya kuliah Manajemen PR hari ini adalah Opini Publik merupakan pendapat sekelompok orang yang biasanya berasal dari latar belakang sama dan memiliki tujuan yang sama.Sedangkan citra merupakan kesan yang ditampilkan.Oleh karena itu dapat kita pahami bahwa yang membentuk citra suatu perusahaan adalah opini publik.Semoga bermanfaat ya bagi teman-teman.
Posting Komentar