02 April 2016

Turki


Beberapa tahun terakhir ini insan pertelevisian Indonesia berlomba-loma menayangkan sinetron Turki.Sebut saja sinetron Elif, Shehrazat, Cansu & Hazal , Abad Kejayaan dan lain-lain.Sedangkan tempat wisata juga gak kalah menarik  seperti aya Sofya muncul di film 99 cahaya langit eropa dan masih banyak lagi.Jujur aku merupakan salah seorang yang kagum dengan negara Turki.Bukan karena sinetronnya yang sering berselewaran saat ini,tetapi tentang peradabannya yang tinggi  akan kejayaan  islam masa lalu.

Dan rasa kagum aku  kenegara Turki bertambah ketika membaca Novel “Api Cinta Tauhid” karangan kang Abik.Yang menceritakan tentang seorang  tokoh islam SAID NURSI  bergelar Badiuzzaman karena  memiliki kecerdasan dan pemahaman tentang agama islam yang luar biasa serta ikut berjuang demi Turki.


Ngomong-ngomong tentang negara  Turki gak lengkap juga kalo gak ngomongin tentang makanan asal Turki.Sekarang ada makanan Turki yang udah gak asing lagi di lingkungan kita. Kebab Turki namanya, walaupun memiliki perbedaan dengan daerah asalnya terutama dalam hal penyajian dan pembuatannya tetap saja terasa enak.


Kebab adalah   makanan yang terbuat dari daging sapi, digiling kasar lalu diolah dengan bumbu-bumbu khusus.Diproses melalui tiga tahapan yaitu :
1.      Pencampuran bumbu, pencetakan, dan pemasakan.

2.      Menjelang disajikan, daging Kebab dengan ketebalan kurang lebih 1 cm dipotong memanjang ukuran 3 x 17 cm.

3.      Terakhir dipanggang pada wajan anti lengket.Disajikan dengan Tortila, roti khas Meksiko, dicampur dengan sayuran dan aneka sauce pilihan, lantas digulung dan dipanggang kembali.

(sumber : Internet)


Jujur aku baru dua kali nih ,mencicipi Kebab Turki dan rasanya emang enak kok di daerah aku harganya berkisar sembilan ribu hingga sepuluh ribu rupiah saja.Pertama aku cicipi punya adek kost.Selanjutnya gak enak dong terus cicipi punya orang lain, akhirnya aku nitip deh sama adek kost untuk dibelikan Kebab Turki  ketika adek kost keluar,jadilah malam itu Kebab Turki sebagai pengganti menu makan malam aku dan adek kost.Karena setelah makan Kebab Turki kenyang banget.Teman-teman juga pada suka sama Kebab Turki kan ? .


(Sebelum di santap ) 




(Saat akan di santap ) 

(oishii banget :) ) 

No comments:

Post a Comment