Laman

14 April 2016

“Pentingnya menjalin hubungan baik dengan kompetitor untuk mewujudkan persaingan bisnis yang sehat “


Public Relations yang ada pada organisasi,institusi,lembaga atau corporate memiliki tugas  menjaga hubungan baik dengan para stakeholders.Stakeholders ini bisa berupa pemerintah,kompetitor,investor,komunitas perusahaan,media massa dan masih banyak lagi.


Beberapa waktu yang lalu transportasi konvensional melakukan demonstrasi besar-besaran kepada transportasi online.Aku menemukan penyebabnya ketika bersilancar di google saat membaca salah satu akun blog dan aku lupa mencatat alamat blog tersebut.Intinya kehadiran transportasi online telah mengubah penghasilan pengemudi  trasnsportasi  konvensional.

Melalui diskusi di media televisi manager transportasi konvensioanal mengatakan “ bahwa mereka tidak mengalami kerugian sama sekali dengan kehadiran transportasi online”.Jelas saja yang mengalami kerugian adalah para pengemudi karena mereka bekerja dengan setoran per hari kepada pihak perusahaan.Hal ini lah yang membuat para pengemudi transportasi konvensional demostrasi.

Dua minggu yang lalu aku berangkat kekampus dengan mata bengkak habis menangis. Beberapa hal membuat aku bersedih dalam dua minggu lalu.Aku merasakan dua minggu yang lalu bukanlah minggu-minggu produktif aku lebih sering menghabiskan waktu dengan air mata bahkan tugas kuliah sempat terbengkalai.Belum lagi masalah judul yang berhasil membuat kepala pusing tujuh keliling.Namun selalu ada hikmah dibalik semuanya,kita hanya perlu mengikhlaskan apa yang telah pergi.Allah lebih mengerti apa yang kita butuhkan.So tetap berusaha berdoa dan optimis.Semoga selalu dilancarkan dan judul minggu ini atau minggu besok ACC aaaamiiiin ya rabball alamin.Doakan ya teman-teman semua.

Dua minggu yang lalu  ketika belajar Manajemen Public Relations mbak Yolan membagi dua kubu di kelas.Kubu sebelah kanan sebagai pihak Public Relations transportasi online dan pihak sebelah kiri sebagai Publik Relations transportasi konvensional.Aku masuk kedalam kubu transportasi online.

Kami belajar bagaimana seorang PR bekerja bukan sebagai pemadam kebakaran.Tetapi bekerja melalui pengumpulan data atau yang sering disebut identifikasi masalah.Setelah masalah diidentifikasi lalu dibuat suatu perencanaan (planning) lalu diputuskan program apa yang akan digunakan.Setelah program di luncurkan dan diterapkan di tengah-tengah masyarakat maka langkah terakhir adalah melakukan evaluasi.

Di akhir diskusi mbak Yolan dan para anggota diskusi sepakat bahwa kesimpulann dari diskusi ini  adalah perubahan lingkungan bisnis menuntut setiap perusahaan atau organisasi berubah.Tetapi menjalin hubungan /relasi dengan kompetitor hal mutlak yang harus dilakukan untuk meminalisir konflik dan terciptanya persaingan bisnis yang sehat.Selain itu pihak manajemen juga harus sering melakukan komunikasi baik itu vertikal,horizontal dan diagonal untuk mengetahui kondisi  yang dialami pegawai.Jangan sampai perusahaan tidak merasakan apa-apa,tetapi para pegawai telah merasakan krisis seperti yang dialami para pengemudi konvensional. Deteksi dini sangat diperlukan,jika pihak manajemen mendeteksi tentunya demonstrasi tidak akan terjadi.Sekian dulu ya  semua,mohon maaf atas kekurangan karena masih belajar dan kesempurnaan milik Allah.Selamat beraktivitas thanks for reading.({}) 
Posting Komentar