Laman

13 Maret 2016

perkuliahan tentang Cyber PR dan Event Organizer

Ini merupakan  minggu ketiga perkuliahan di kampusku. Hanya ada satu mata kuliah yang sudah memiliki tugas yakni mata kuliah  “Cyber PR” sesuai namanya yang berhubungan dengan dunia maya.Maka kami (satu kelas) pun melaksanakan perkuliahan online melalui akun media sosial EDMODO

Pada mata kuliah “Cyber PR” kami  di beri tugas untuk mendirikan sebuah perusahaan konsultan PR yang bergerak dalam bidang jasa internet seperti : mengelola website, promosi lewat internet dan membuat akun pada media sosial untuk sebuah perusahaan ataupun  ataupun membantu menyelesaikan masalah  yang dihadapi oleh klien kami pada bidang internet .

Selanjutnya, pada  mata kuliah event organizer bapak Nurul Huda yang pembawaannya santai ,nyentrik, namun serius ketika belajar berulang-ulang mengatakan kepada kami “be creative people”. Karena sangat erat hubunggannya dengan yang kami pelajari kemarin (sabtu) .

Perlu kita sadari bahwa Event Organizer membutuhkan ide-ide  kreatif. Dan pekerjaan menjadi EO termasuk kedalam industri kreatif. Adapun rangkuman pembahasan pembelajaran kelas kami sabtu kemaren adalah :
1.      Sejarah EO ada di dunia :
Yang dimulai ketika Revolusi Industri di negara Ingris.Pada Tahun 1760 -1791 dan 1950-1960.Sedangkan di Indonesia ketika 1998 dan baru booming pada tahun 2000 an yang bermula dar kegiatan jumpa fans oleh radio prambos .

1.      Unsur-unsur dalam EO :
a.       Event Manager
b.      Event Producer
c.       Event Designer
d.      Panitia Pelaksana
e.       Konsultant Event

1.      Jenis-jenis dan kategori EO
a.       One Stop service Agency adalah Event Organizer besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun
b.      Mice (Meeting Incentive Convention Exhibition). Event Organizer   khusus yang  bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan. Seperti misalnya acara :Oki,KTT-Asia Afrika
c.       Brand Activation adalah Event Organizer yang secara spesifik membantu client-nya dalam bidang promosi sehingga terjadi  peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target marketnya.
d.      Musik dan Hiburan  Event Organizer  yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik
e.       Penyelenggara Pernikahan adalah  Event Organizer yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
f.       Penyelenggara ulang tahun adalah  Event Organizer  yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
g.      Penyelenggara Pribadi adalah Event Organizer khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
h.      Komitas Event Organizer merupakan media promosi event untuk event dan bermacam acara

(Berbagai Sumber)
Posting Komentar