Laman

05 Maret 2016

EVENT ORGANIZER

 

Event Organizer (EO) adalah penyelenggara kegiatan yang mengatur jalannya sebuah acara atau kegiatan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh sebuah corporations,instansi(lembaga) .

Dalam dunia komunikasi khususnya dalam bidang Public Relations (PR) Event Organizer terbagi ke dalam Event Organizer Public Relations dan Event Organizer Maketing Komunikasi.

Event Organizer Public Relations adalah  penyelenggara kegiatan untuk Pencitraan,Reputasi dan Branding.Tujuannya bisa saja untuk memulai,meningkatkan kesadaran,medapatkan pengakuan masyarakat,mendorong niat masyarakat,menarik perhatian media sehingga mendapatkan publishitas .

Contoh  Event Organizer  PR : Perusahaan di daerah tertentu menyelenggarakan acara sunat massal,secara finansial tentunya tidak menguntungkan tetapi acara tersebut tentu saja berdampak pada opini seperti pengakuan perusahaan di mata masyarakat ,mendapat citra dan reputasi yang baik.

EO Marketing Komunikasi (Markom)  adalah penyelenggara kegiatan yang berorientasi pada profit (keuntungan).Tujuannya untuk memperluas jangkauan pasar,penjualan (sales dan marketing) serta meningkatkan tujuan khusus.
Contoh Event Organizer Markom : Perusahaan Astra Indonesia ingin melakasanakan sebuah kegiatan pameran yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar dan peningkatan penjualan.Karena karyawan dan tempat tidak mencukupi maka Astra Indonesia bekerja sama dengan Event Organizer  Marketing Komunikasi dari perusahaan lain dalam bidang penjualan .
Adapun jenis-jenis Event Organizer berdasarkan pekerjaan :

a.       Event Organizer bergerak dalam bidang brand  
Yaitu membantu klien untuk mempromosikan produknya demi peningkatan penjualan,pengenalan produk ke konsumen dan dengan berinteraksi langsung e target konsumen.
b.      Mice (Meeting Insentive Contention Exhibition)
Yaitu penyelenggara acara yang bergerak dalam bentuk acara pertemuan misalnya rapat,gathering,pertemuan.
c.       Event Organizer Entertaiment
Yaitu penyelenggara acara  dalam bidang hiburan baik yang bersifat lokal maupun internasional
d.      Privet Organizer
Yaitu penyelenggara acara yang bersifat tertutup dari umum.Contohnya : Wedding Organizer,Birthday Organizer,Privat party Organizer.

(NB: Catatan materi perkuliahan hari ini )
Pekan Baru,5 Maret 2016 
Posting Komentar