Laman

20 Maret 2016

5P = PUAS
           Setelah membuat janji dengan Peni.Aku pun berjanji akan menemani Peni liputan pada hari kamis.Ide dan tor tentang apa yang akan diliput telah dipersiapkan oleh Peni.Namun,liputan kami gagal karena dosen yang jadi narasumber lagi sibuk-sibuknya dan gak bisa diwawancara.
            Akhirnya karena berada di Fakultas Psikologi ,kami pun menunggui Desi. Rasanya udah lama banget gak jumpa si Imut ini.Emang sih, terakhir jumpa Desi bulan januari sebelum libur UAS.Setelah Desi  selesai kelas kami menghampiri nya.Kami pun larut dalam cerita baper ala anak zaman sekarang.Singkat cerita kami pun  janjian untuk pergi talk show  program mata Najwa  dengan tema “mantra di balik layar”.
            Kami pun  sepakat untuk berangkat bersama esok harinya.Namun,yang berangkat hanya aku dan Desi karena Peni ada jadwal di kampus.Lokasi talk show berada di kampus Universitas Islam Riau tepatnya di gedung PKM.Kami berangkat pagi dan pulang  malam.Acara berlangsung dengan meriah dan interaktif.
Aku sampai di kost pukul 20.30 wib.Bukannya langsung mandi eh malah main handphone dan cengkrama  dengan adik kost.Effectnya aku tidur tengah malam lagi deh ,pas bangun kepala udah oleng.Dikampus ngantuk-ngantuk jadi gak semangat belajar.Untung dosennya santai tapi serius.Kemaren aku kembali belajar Event Organizer (20/3) ini dia rangkuman materi mata kuliah Event Organizer.
Dalam aktivitas Event Organizer.EO  memiliki posisi diantara 5P yang bisa menghantarkan kepuasan semua pihak .Untuk itu perlu kita ketahui apa sih 5P ,ini dia yang dimaksud  dengan 5P :
1.       Penyandang Dana biasanya berasal dari sponsor
2.      Pelaksana biasanya betugas untuk mewujudkan kelancaran acara agar sesuai dengan tujuan dan kepuasan semua pihak
3.      Penampil merupakan daya tarik untuk suatu program
4.      Penonton yakni kehadiran para tamu ,undangan sangat diperlukan sekali .Bahkan kesuksesan acar bisa dilihat dari banyaknya penonton
5.      Pengamat biasanya dari rekan wartawan ,atau orang yang berkompetensi dalam bidang tersebut  itu seperti PR dari suatu coorporate  dan orang yang ahli dalam hal event organizer

5P=Puas  juga memiliki unsur-unsur yaitu :

a.       perencanaan yang matang
b.      schedule terkendali
c.       penampilan yang dapat tampil tanpa hambatan
d.      jumlah penonton yang sesuai target
e.       keuangan yang aman
f.       acara berjalan lancar dan tidak terjadi kerusuhan
g.      Adanya kejutan “imajinasi artistik “

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika kita beroperasi jadi EO :

a.       bekerja dengan totalitas tinggi
b.      berfikir kreatif dan inovatif
c.       kepekaan tingkat tinggi
d.      kemampuan berkomunikasi ataupun berkoordinasi
e.       kepercayaan diri
f.       kemampuan menyusun perencanaan
g.      kemampuan analisis biaya atau keuangan
h.      pengembangan seni imajinasi
i.        kemampuan membuat evaluasi
j.        kedisiplinan yang tinggi




Posting Komentar