Laman

23 Februari 2016

Wisata : Rumah Kelahiran Bung Hatta



Buku usang itu berwarna biru langit. Setiap lembarannya telah menguning dan setiap membuka lembaran.”Haccccccciiiiiiim!”. Akan selalu menghampiri tapi siapa sangka buku usang itu kaya akan kehidupan seseorang di masa lalu yang memberikan hidupnya untuk kemerdekaan negara.

Buku autobiografi tentang Bung Hatta  penulis temukan di perpustakaan sekolah rak paling bawah ketika pelajaran Bahasa Indonesia yang kala itu  berlangsung di perpustakaan.

Tak banyak yang penulis ingat dari buku yang menceritakan tentang Sang Proklamator sedari kecil hingga memiliki istri dan mengundurkan diri dari Wakil Presiden Indonesia.Hanya tiga poin ini :
1. Bung Hatta tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka dan yang mencarikan jodoh untuknya adalah Ir.Soekarno (Presiden pertama Indonesia) .
2.   Bahkan ketika menjadi Wakil Presiden sepatu idamannya pun tak mampu ia beli
3.Merahasiakan kebijakan negara bahkan kepada istrinya sendiri yang batal membeli mesin jahit.

Ngomong-ngomong tentang Bung Hatta pada bulan januari lalu penulis berkesempatan mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta yang berada di dekat pasar Banto. Bagi teman-teman yang berwisata ke Bukittinggi tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini sambil  mengenal sejarah.Kalo udah berkunjung,pasti ada yang namanya berpose di depan kamera ini  dia foto-foto ketika berada di rumah kelahiran Bung Hatta.

(Plank penanda Rumah Kelahiran Bung Hatta)


(Papan Informasi tentang Jadwal Kunjungan)



  
(Jangan Lupa berfoto di depan Rumah kelahiran Bung Hatta)


 
(Salah  satu spot foto dari sudut jendela Bung Hatta) 


Oh, iya untuk masuk kerumah Kelahiran Bung Hatta sama sekali gak di pungut biaya lho. Kecuali jika pengunjung ingin memberikan sumbangan seikhlasnya.Di depan Rumah Kelahiran Bung Hatta kita akan menjumpai perempuan paroh baya yang bersedia menjawab pertanyaan pengunjung tentang Bung Hatta.Terbukti pada saat penulis berkunjung juga ada beberapa pelajar yang juga berkunjung dan perempuan paroh baya tersebut menjawab setiap pertanyaan. Sayang,lupa menanyakan namanya siapa. Kita panggil "BUNDO" aja deh.Sekian dulu ya semuanya semoga bermanfaat. 

Selasa,23 February 2016
Posting Komentar